Berita Inspektorat Jenderal


DPRD Kab. Magetan Beranjangsana ke Itjen PUPR

Post by. ariyanto 10/7/2018

Jakarta, Senin (9/7), Inspektorat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima kunjungan perwakilan DPRD Kabupaten Magetan. Maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah untuk melakukan koordinasi dan konsultasi terkait indeks Analisa Harga Satuan Pekerjaan pada bidang pekerjaan umum.

Bertempat di Ruang Rapat Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR lantai 14, acara ini dihadiri langsung oleh Inspektur Jenderal, Sekretaris Inspektorat Jenderal, para Inspektur, serta rombongan dari Kabupaten Magetan yang terdiri dari 12 anggota DPRD, 2 orang dari Dinas PU setempat, serta 2 staf Setwan.

Setelah memberi sambutan, Dr. Rildo Ananda Anwar, SH, MH selaku Plt Inspektur Jenderal langsung membuka acara ini. Diskusi difokuskan pada pembahasan Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP), dikarenakan pihak DPRD Kabupaten Magetan mengalami sedikit kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikan regulasi tersebut serta ingin berkonsultasi perihal temuan dalam praktik di lapangan.

Terdapat miskoordinasi antara DPRD dan BPK setempat, sehingga pihak DPRD mengharapkan adanya ‘legal opinion’ dari Kementerian PUPR. Pada kesempatan tersebut Inspektur Jenderal menekankan bahwa, “Selama kita tidak mengambil uang Negara, dan membuat rugi Negara, kita tidak perlu takut dan khawatir”.

Dra. Endah Herawaty, MM selaku Sekretaris Inspektorat Jenderal mengajak pihak DPRD untuk ikut serta mengawasi proses pembangunan dan menjadikan Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 tahun 2016 sebagai payung dan pedoman terkait AHSP.

Acara ini selesai tepat pada jam 12 siang, namun diskusi informal bisa berlanjut dengan menghubungi Inspektur atau Badan Penelitian dan Pengembangan. Kementerian PUPR juga bersedia membantu segala urusan yang berkaitan dengan instansinya, dan bersedia mengirimkan staf ahli apabila diminta. (NF)


Kembali