Berita Inspektorat Jenderal


Monitoring dan Evaluasi Saber PUNGLI di Ambon

Post by. ariyanto 14/11/2018

Ambon, Senin 12 November 2108 pukul 10.00 WIT bertempat di Kantor Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVI Ambon dilaksanakan kegiatan entry meeting Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Pemberantasan Pungutan Liar (Saber Pungli). Acara tersebut diawali dengan sambutan dari Kepala Balai PJN XVI Ambon (Ir. Satrio Sugeng Prayitno), dan secara resmi dibuka oleh Ir. Poltak Sibuea, M.Eng.Sc selaku Sekretaris Kelompok Kerja (Pokja) Saber Pungli
Kementerian PUPR.
Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi pungutan liar pada pelayanan publik khususnya terkait perizinan/rekomtek yang dikelola oleh Balai dan Satker di lingkungan Provinsi Maluku. Monev ini merupakan salah satu upaya pembinaan dan pencegahan di lingkungan Kementerian PUPR dan guna mendukung amanat Bapak Presiden RI dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.
Dalam sambutan tertulisnya Inspektur Jenderal menyampaikan bahwa kita patut bersyukur dengan dilakukannya sosialisasi, pembinaan dan pencegahan maka sampai dengan saat ini tidak ada pengaduan terkait pungutan liar, dan kita berharap agar pelayanan perijinan/rekomendasi teknis di lingkungan Kementerian PUPR terhindar dari pungutan liar.
Sangat diharapkan kerjasama dan partisipasi Bapak/Ibu/Saudara sekalian dalam mendampingi anggota Pokja Saber Pungli dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi proses perijinan/rekomtek di Ambon hari ini sampai hari Jumat tanggal 16 November 2018.
Secara umum disampaikan penjelasan umum tentang tugas dan fungsi Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kementerian PUPR; penjelasan tentang tata cara pengisian quesioner dan formulir monitoring dan evaluasi; penjelasan mengenai pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap pemberantasan pungutan liar di Kementerian PUPR; dilengkapi dengan diskusi.
Ketua Pokja Saber Pungli Kementerian PUPR, Ir. Lucky Hary Korah, M.Si, menjadi narasumber pada kegiatan yang diikuti oleh seluruh Staf dan Pejabat para pengelola Perizinan/Rekomtek dari Balai PJN XVI Ambon, Balai Wilayah Sungai Maluku, Dinas PUPR Provinsi Maluku dan Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan Maluku.
Akhirnya tepat pukul 16.30 WIT acara entry meeting kegiatan monev saber pungli di Kantor Balai PJN XVI Ambon ditutup oleh Sekretaris Pokja Saber Pungli, selanjutnya pada tanggal 13 sampai 16 November 2018 dilakukan Monitoring ke masing-masing Balai dan Satker oleh Tim Pokja. (ES)

Kembali