Berita Inspektorat Jenderal


Parenting Era Digital

Post by. ariyanto 18/10/2019

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pembangunan Budaya Integritas melalui dukungan terhadap Program Kerja Bidang Pendidikan Dharma Wanita Inspektorat Jenderal telah diadakan Seminar Parenting dengan tema “Orang Tua Bijak di Era Millenial” yang terlaksana pada Kamis, 17 Oktober 2019 kemarin, bertempat di Ruang Serbaguna Gedung Kementerian PUPR lantai 17. Selain menjadi wadah mencari ilmu, acara kali ini menjadi ajang silaturahmi antar peserta. Pada kesempatan kali ini, Bagian Umum Sekretariat Inspektorat Jenderal memfasilitasi DWP Itjen guna terlaksananya kegiatan seminar ini.

Dalam kesempatan ini, acara dibuka oleh arahan singkat dari Inspektur Jenderal Widiarto. Widiarto menggambarkan fenomena zaman dahulu dengan sekarang, baik dari pendekatan teknologi maupun aspek keluarga. Selain Widiarto, Pejabat Tinggi Madya Inspektorat Jenderal pun turut hadir pada seminar kali ini.

Seminar kali ini turut menghadirkan Tanti Diniyanti seorang Psikolog. Beliau memaparkan perkembangan zaman membuat proses mendidik anak menjadi sedikit kompleks namun tidak mengurangi keseruan dalam proses tersebut. “kita harus memutar otak supaya anak tidak bergantung pada gawai (gadget), dimana pada saat kecil kita belumlah mengenal barang tersebut” ujar Tanti.

Selain memberikan kelas seminar, Tanti juga sering menjadikan dirinya sebagai contoh kasus. Hal terpenting dari parenting adalah membentuk pola pikir sang anak, kita harus memberikan sedikit ruang pada sang anak untuk mengutarakan perasaannya. “saya sudah menikah selama 25 tahun, dan saya juga sudah memiliki 3 orang anak, setiap harinya akan ada kejutan menarik yang mereka berikan”, “menjadi orang tua merupakan sebuah tantangan sekaligus menjadi sebuah anugerah yang saya dapatkan” tutup Tanti.

 

materi dapat diunduh di https://tinyurl.com/y35llqqv


Kembali