Halaman Berita Inspektorat Jenderal

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal.

Pemanfaatan Aplikasi CA-CM Guna Tingkatkan Kualitas Pengawasan Intern

Kamis (1/9), telah dilaksanakan rapat dengan agenda Pemanfaatan Aplikasi Continuous Auditing-Continuous Monitoring (CA-CM) di Ruang Rapat Inspektorat Jenderal, Gedung Utama Kemeterian PUPR Lantai 14. Rapat dihadiri oleh Inspektur Jenderal, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Direktur Pengadaan Jasa Konstruksi, Sekretaris Inspektorat Jenderal, Para Inspektur, dan Para Kepala Bagian di Sekretariat Inspektorat Jenderal.



Pemanfaatan aplikasi CA-CM merupakan strategi ke-9 dalam 9 Strategi Pencegahan Penyimpangan dalam Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Kementerian PUPR, dan merupakan kolaborasi antara e-Monitoring, SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik) dan audit. Aplikasi CA-CM telah dikembangkan oleh Pusdatin sebagai early warning system yang dapat membantu mengidentifikasi potensi risiko PBJ dan meningkatkan kualitas pengawasan intern di Kementerian PUPR.



Inspektur Jenderal menyampaikan bahwa CA-CM merupakan bentuk sinergi antara Inspektorat Jenderal sebagai pengawas intern dan Sekretariat Jenderal, salah satunya terkait dengan monitoring pelaksanaan tender di Kementerian PUPR. Untuk itu, perlu adanya konsistensi dari Unit Organisasi Teknis agar Aplikasi CA-CM semakin berdayaguna. (NAS)

-