Halaman Berita Inspektorat Jenderal

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal.

Pelaksanaan Quality Control Telaah Sejawat Ekstern Tahap 3 dan Review Pedoman Telaah Sejawat Ekstern

Tangerang Selatan (12/2), Inspektorat Jenderal menyelenggarakan kegiatan Pelaksanaan Quality Control (QC) Telaah Sejawat Ekstern Tahap 3 dan Review Pedoman Telaah Sejawat Ekstern (TSE). Acara ini dihadiri oleh Tim QC dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian Koperasi dan UKM dan Inspektorat Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan dibuka oleh Ibu Dr. Ir. Maulidya Indah Junica, M.Sc. selaku Sekretaris Komite Telaah Sejawat.

Dalam sambutannya, Maulidya menyampaikan beberapa hal yang telah dilaksanakan oleh Kepengurusan Komite Telaah Sejawat DPN AAIPI Periode Tahun 2021 – 2024 yaitu:
1. Koordinasi pelaksanaan TSE terhadap 23 APIP Kementerian/ Lembaga/ Pemerintah Provinsi;
2. Pelaksanaan QC atas Hasil TSE kepada 26 APIP Kementerian/Lembaga/ Pemerintah Provinsi, dengan rincian:
a. 2 APIP yang dilakukan TSE pada Tahun 2020 dan 2021;
b. 20 APIP yang dilakukan TSE pada Tahun 2022;
c. 4 APIP Pemerintah Daerah atas Hasil Telaah Sejawat di tahun 2022 yang pelaksanaannya tidak berdasarkan Surat Penetapan dari Ketua Komite Telaah Sejawat;
3. Workshop TSE telah dilaksanakan sebanyak 12 kali baik secara daring maupun luring. Dari kegiatan tersebut, telah diterbitkan 1.322 Sertifikat Workshop.
4. Selain yang diselenggarakan sendiri, Komite Telaah Sejawat juga menjadi bagian dalam Bimbingan Teknis yang diselenggarakan mandiri oleh 3 APIP.
5. Pelatihan Calon Pengajar (Training of Trainers) TSE dengan 20 Peserta dari 6 APIP Kementerian/ Lembaga
6. Konsolidasi internal Komite Telaah Sejawat dilakukan dengan 2 kali Rapat Koordinasi Komite Telaah Sejawat dan 11 kali Koordinasi Pelaksanaan TSE di Sekretariat Komite Telaah Sejawat.
7. Berdasarkan hasil TSE dan QC, diperoleh Nilai rata-rata Telaah Sejawat Ekstern sebesar 83,36?n Nilai rata-rata QC TSE 80,31%.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan Pembahasan Reviu Pedoman TSE dan Penyusunan Pedoman QC. Urgensi dari Reviu Pedoman Telaah Sejawat Ekstern dan Penyusunan Pedoman QC antara lain:
1. Penyesuaian dengan SAIPI;
2. Penyesuaian dengan karakteristik APIP yang heterogen;
3. Mengurangi perbedaan persepsi antar APIP;
4. Belum adanya pedoman QC TSE.

Dalam penutupannya, Maulidya mengatakan bahwa dengan sinergi dan kolaborasi kita saat ini, nsyaallah mampu mewujudkan AAIPI sebagai wadah Auditor yang memberikan nilai tambah bagi APIP dalam mencapai Misi Pengawasan Intern. (ARI)

-