Halaman Berita Inspektorat Jenderal

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal.

Komitmen Penguatan Integritas Kementerian PUPR

Jakarta (17/2), bertempat di Ruang Serbaguna Lantai 17 Gedung Utama Kementerian PUPR telah dilaksanakan kegiatan Diseminasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2022 dan Penyusunan Rencana Aksi Penguatan Integritas Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai strategi penguatan integritas di Kementerian PUPR sekaligus menguatkan komitmen bersama terkait SPI. Disampaikan oleh Inspektur Jenderal Kementerian PUPR T. Iskandar yang mewakili Menteri PUPR karena berhalangan hadir, Iskandar mengingatkan kembali hal yang selalu Bapak Menteri ingatkan kepada seluruh pegawai Kementerian PUPR. “Bapak Menteri PUPR selalu berpesan kepada Insan PUPR bahwa Beliau tidak ingin Kementerian PUPR hanya menjadi Kementerian yang membangun infrastruktur, lebih dari itu Beliau ingin Kementerian PUPR menjadi organisasi yang kredibel dan dipercaya dengan orang-orang yang berintegritas dan kompeten,” tutur Iskandar.

Kementerian PUPR ingin memberikan nilai tambah dengan meninggalkan legacy tidak hanya pada infrastruktur semata melainkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan insan PUPR yang berintegritas. SPI dilakukan oleh KPK bersama 640 K/L/Pemda termasuk Kementerian PUPR dengan tujuan memetakan risiko korupsi dan menilai kemajuan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh instansi tersebut. Iskandar juga menambahkan diperlukan strategi holistik yang dilakukan oleh seluruh elemen di Kementerian PUPR untuk mengendalikan fraud. Upaya integrasi telah dilakukan oleh Kementerian PUPR, melalui penguatan Unit Kepatuhan Intern, penerapan manajemen risiko, lelang BP2JK hingga penguatan fungsi Inspektorat Jenderal sebagai APIP Kementerian.

Dalam kesempatan ini, diadakan panel diskusi dengan narasumber Deputi Bidang Pencegahan Monitoring KPK Pahala Nainggolan dan Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian PUPR Asep Arofah Permana dan dimoderatori oleh Staf Khusus Bidang Auditing dan Pengawasan Pembangunan Binsar H. Simanjuntak. Diskusi berjalan secara aktif terkait upaya peningkatan integritas di Kementerian PUPR. Turut hadir dalam kegiatan Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Para Sekretaris Direktorat Jenderal, Para Direktur KI, Para Inspektur serta Para Pejabat Administrator yang hadir baik secara luring maupun daring. (NF)

-