Halaman Berita Inspektorat Jenderal

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal.

Studi Banding Terkait Aplikasi Pengawasan dan Pelaksanaan Audit Kinerja dengan Inspektorat Badan Informasi Geospasial (BIG)Tahun 2023

Jakarta - (19/05) Inspektorat Jenderal menyelenggarakan Studi Banding terkait Aplikasi Pengawasan dan Pelaksanaan Audit Kinerja dengan Inspektorat Badan Informasi Geospasial (BIG). Dilaksanakan pada Jumat Tanggal 19 Mei 2023, bertempat di Ruang Rapat Lantai 14, Gedung Utama Kementerian PUPR.



Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) semakin strategis dan bergerak mengikuti kebutuhan pemangku kepentingan dan tantangan zaman. APIP diharapkan menjadi agen perubahan yang mampu memberikan nilai tambah (value added) pada perbaikan tata kelola (governance), manajemen risiko, penguatan pengendalian, dan optimalisasi kinerja pemerintah.



Sebagai aparat pengawasan internal pemerintah, Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota dituntut meningkatkan kapabilitasnya dalam rangka meningkatkan kinerja pemerintah melalui hasil-hasil pengawasan. Pada audit ketaatan, APIP akan mampu menilai kepatuhan suatu program/kegiatan terhadap peraturan terkait, sedangkan dengan audit kinerja APIP akan mampu menilai apakah suatu fungsi/program/kegiatan telah dilaksanakan secara efisien, efektif dan hemat yang pada akhirnya mampu memberi kontribusi bagi peningkatan aspek kinerja meliputi aspek efektif, efisien, ekonomis (3E) di organisasi.



Dalam rangka mencapai tujuan tersebut APIP harus memiliki strategi yang efektif dalam melakukan perbaikan berkelanjutan di wilayah kerjanya masing-masing, terutama dalam hal peningkatan kinerja pemerintah. Audit kinerja merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja pemerintah dalam memperbaiki kualitas pelayanan publik.



Oleh karena itu Inspektorat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama dengan Inspektorat Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan studi banding sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman Auditor pada Inspektorat Badan Informasi Geospasial (BIG) terkait dengan aplikasi pengawasan serta pelaksanaan Audit Kinerja dalam persiapan pelaksanaan telaah sejawat untuk mencapai kapabilitas APIP level 3. (YH)

-