Koordinasi Penanganan Pengaduan Masyarakat Melalui Mekanisme RCO

01 April 2021

Card image


Jakarta – Kamis, 1 April 2021 – Bertempat di Ruang Rapat Inspektorat Jenderal Lantai 14 Gedung Utama Kementerian PUPR telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Membahas Pelaksanaan Penanganan Laporan Masyarakat dengan Mekanisme RCO (Reaksi Cepat Ombudsman). Rapat tersebut turut serta menghadirkan Ombudsman, Kementerian Perhubungan, PLN, dan PAM Jaya. Tujuan dilaksanakannya rapat pembahasan ini adalah untuk memperbaiki pelayanan publik dalam penanganan pengaduan masyarakat pada instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD. Pada rapat koordinasi kali ini, Ombudsman menjelaskan terkait mekanisme RCO, lalu dilanjutkan dengan penjelasan masing-masing instansi terkait mekanisme penanganan laporan masyarakat masing-masing.

Hery Susanto, Anggota Ombudsman RI, membuka pertemuan dengan menekankan laporan pengaduan masyarakat di pusat harus dikelola dan ditindaklanjuti dengan baik, Agar ketika laporan pengaduan masyarakat tersebut turun ke unit di daerah, laporan pengaduan masyarakat tersebut dapat ditangani dengan baik.

RCO adalah mekanisme penyelesaian  Laporan secara cepat terhadap Laporan yang dinyatakan memenuhi  kriteria kondisi darurat, mengancam keselamatan jiwa, dan/atau mengancam hak hidup. Fokus sektor RCO yang dipilih Ombudsman adalah kebutuhan sehari-hari dan mendasar yaitu sektor air, infrastruktur jalan, dan listrik. Adanya RCO ini diharapkan dapat mendorong  partisipasi masyarakat dalam menyampaikan laporan pelayanan publik kepada

Halaman: 1 2

Berita Lainnya
28 Mei 2021
Pembangunan Zona Integritas Dan Penerapan SMAP Ditjen Bina Konstruksi
Selengkapnya...
Palm Springs Road
24 Mei 2021
Itjen Bahas Reviu atas Usulan Perubahan RKBMN TA 2021
Selengkapnya...
Palm Springs Road
19 Mei 2021
Tingkatkan Pengendalian, Manajemen Risiko Terus Dikejar
Selengkapnya...
Palm Springs Road
17 Mei 2021
Larangan Mudik 2021, Menteri PUPR Kunjungi Itjen Selepas Lebaran
Selengkapnya...
Palm Springs Road
04 Mei 2021
PENINGKATAN KAPABILITAS PEGAWAI ITJEN MELALUI KEGIATAN DIKLAT MANDIRI
Selengkapnya...
Palm Springs Road
16 April 2021
Komitmen Bina Marga Dalam Pembangunan Zona Integritas 2021
Selengkapnya...
Palm Springs Road
14 April 2021
Workshop Manajemen Risiko Batch II
Selengkapnya...
Palm Springs Road
01 April 2021
Koordinasi Penanganan Pengaduan Masyarakat Melalui Mekanisme RCO
Selengkapnya...
Palm Springs Road