Koordinasi Penanganan Pengaduan Masyarakat Melalui Mekanisme RCO

01 April 2021

Card image


Jakarta – Kamis, 1 April 2021 – Bertempat di Ruang Rapat Inspektorat Jenderal Lantai 14 Gedung Utama Kementerian PUPR telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Membahas Pelaksanaan Penanganan Laporan Masyarakat dengan Mekanisme RCO (Reaksi Cepat Ombudsman). Rapat tersebut turut serta menghadirkan Ombudsman, Kementerian Perhubungan, PLN, dan PAM Jaya. Tujuan dilaksanakannya rapat pembahasan ini adalah untuk memperbaiki pelayanan publik dalam penanganan pengaduan masyarakat pada instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD. Pada rapat koordinasi kali ini, Ombudsman menjelaskan terkait mekanisme RCO, lalu dilanjutkan dengan penjelasan masing-masing instansi terkait mekanisme penanganan laporan masyarakat masing-masing.

Hery Susanto, Anggota Ombudsman RI, membuka pertemuan dengan menekankan laporan pengaduan masyarakat di pusat harus dikelola dan ditindaklanjuti dengan baik, Agar ketika laporan pengaduan masyarakat tersebut turun ke unit di daerah, laporan pengaduan masyarakat tersebut dapat ditangani dengan baik.

RCO adalah mekanisme penyelesaian  Laporan secara cepat terhadap Laporan yang dinyatakan memenuhi  kriteria kondisi darurat, mengancam keselamatan jiwa, dan/atau mengancam hak hidup. Fokus sektor RCO yang dipilih Ombudsman adalah kebutuhan sehari-hari dan mendasar yaitu sektor air, infrastruktur jalan, dan listrik. Adanya RCO ini diharapkan dapat mendorong  partisipasi masyarakat dalam menyampaikan laporan pelayanan publik kepada

Halaman: 1 2

Berita Lainnya
14 April 2021
Workshop Manajemen Risiko Batch II
Selengkapnya...
Palm Springs Road
01 April 2021
Koordinasi Penanganan Pengaduan Masyarakat Melalui Mekanisme RCO
Selengkapnya...
Palm Springs Road
01 April 2021
Koordinasi Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) Kementerian PUPR
Selengkapnya...
Palm Springs Road
23 Maret 2021
Semarak Pembangunan ZI di Kementerian PUPR
Selengkapnya...
Palm Springs Road
22 Maret 2021
Sosialisasi Nota Kesepahaman PUPR-POLRI Kawal Infrastruktur
Selengkapnya...
Palm Springs Road
17 Maret 2021
Langkah Awal Pembangunan Zona Integritas di BPJT
Selengkapnya...
Palm Springs Road
09 Maret 2021
Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua
Selengkapnya...
Palm Springs Road
02 Maret 2021
Penilaian Angka Kredit Pejabat Fungsional Auditor
Selengkapnya...
Palm Springs Road