Halaman Berita Inspektorat Jenderal

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal.

Inspektorat Jenderal Dengarkan Aspirasi Dalam RDP Bersama Komisi V DPR RI

Senin (29/08), telah dilaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPR RI. RDP dilaksanakan oleh Komisi V DPR RI dengan Inspektorat Jenderal (Itjen), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW). Komisi V DPR RI memiliki ruang lingkup salah satunya di bidang infrastruktur. Rapat kali ini terfokus pada dua pembahasan, yaitu:




  1. Evaluasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2022 sampai dengan bulan Agustus 2022;

  2. Alokasi anggaran menurut fungsi dan program masing-masing unit Eselon I Kementerian/Lembaga Mitra Kerja Komisi V DPR RI dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2023.



Anggaran Itjen pada Tahun Anggaran 2022 adalah Rp96,7 Miliar dengan progres realisasi keuangan sebesar 47,34%  dan realisasi fisik sebesar 49,53% per 26 Agustus 2022. Realisasi pengawasan yang dilakukan oleh Itjen pada semester I tahun 2022 mencapai 897 pengawasan dari rencana 662 pengawasan.



Inspektur Jenderal memaparkan bahwa Kementerian PUPR memperoleh peringkat pertama pada Implementasi Pengendalian Gratifikasi Triwulan II Tahun 2022 oleh KPK dengan nilai 91,9 dan memperoleh predikat Managed pada maturitas MRI 2021 oleh BPKP dengan level 4 dari skala 5.



Dalam rapat tersebut, anggota Komisi V DPR RI menyampaikan apresiasi atas capaian Itjen dan memberikan masukan-masukan yang dapat menjadi perbaikan bagi Itjen ke depannya. Diharapkan menjelang akhir Tahun 2022 Itjen mampu untuk meningkatkan capaian serapan APBN Tahun Anggaran 2022 sesuai saran dan masukan yang telah disampaikan. (NAS)

-