Halaman Berita Inspektorat Jenderal

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal.

Inspektorat Utama BPOM Benchmarking Inspektorat Jenderal PUPR Terkait Pengawasan Intern Pada PBJ Pekerjaan Konstruksi

Jakarta (2/2) – Telah dilaksanakan kegiatan benchmarking Inspektorat Utama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait Pengawasan Intern terhadap Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) pada Pekerjaan Konstruksi dengan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian PUPR. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Utama Kementerian PUPR, Ruang Rapat Itjen Lt. 14. Turut hadir Inspektur I Djaya Sukarno, Inspektur V Subaiha Kipli, para auditor serta para Inspektur dari BPOM.



Dalam sambutan Sekretaris Inspektorat Jenderal PUPR, Bimo Adi Nursanthyasto, mengatakan bahwa kegiatan benchmarking ini berfokus pada pembahasan perencanaan, pelelangan, pelaksanaan dan pemanfaatan  di Kementerian PUPR. Dalam kegiatan ini dilakukan diskusi dua arah tentang pelaksanaan Audit Kinerja Pengadaan Barang dan Jasa pada pekerjaan konstruksi di Kementerian PUPR.



Kegiatan Audit, Reviu, Evaluasi, Pemantauan dan Pengawasan Lainnya (AREPP) adalah tugas utama Inspektorat, namun dalam perkembangan pengawasan intern, maka pada tahun 2020 kegiatan AREPP menghasilkan suatu unit baru di Kementerian PUPR sebagai second line of defence yaitu Unit Kepatuhan Intern (UKI) pada Unit Organisasi dan Balai, yang memiliki 2 (dua) tugas besar dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), yaitu pemantauan kepatuhan dan meningkatkan efektivitas pengelolaan manajemen risiko.



”Di Inspektorat BPOM sendiri sejauh ini cukup banyak kendala yang dialami, khususnya pada tahap lelang dan pelaksanaannya sudah dilakukan upaya namun perkembangannya tidak cukup berarti, karena itu kami perlu belajar kepada Inspektorat Jenderal PUPR bagaimana cara melakukan pengawasan intern terhadap kondisi tersebut”, ujar Mery selaku Sekretaris Inspektorat Utama BPOM.



Kegiatan benchmarking diisi dengan penyampaian materi bagaimana Itjen PUPR melakukan Audit Kinerja PBJ dan tanya jawab antara Itjen BPOM dan Itjen Kementerian PUPR. Diharapkan dengan benchmarking ini dapat lebih mendalami pemahaman terkait pengawasan intern, sehingga meningkatkan kinerja masing-masing organisasi secara terus menerus. (DA)

-