Halaman Berita Inspektorat Jenderal

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal.

Quality Control (QC) Telaah Sejawat Ekstern Semester II Tahun 2023

Tangerang Selatan (5/2) – Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR telah melaksanakan Quality Control (QC) Telaah Sejawat Ekstern Semester II Tahun 2023 yang berlangsung pada tanggal 5-7 Februari 2024 dan dihadiri oleh Inspektur III, M. Rizal, selaku Komite Telaah Sejawat Dewan Pengurus Nasional Asosiasi Auditor Internal Pemerintah Indonesia (AAIPI), Tim QC dan Tim Penelaah dari Kementerian PUPR, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).



Dalam pembukaannya, Rizal menyampaikan bahwa kegiatan QC Telaah Sejawat Ekstern (TSE) semester II Tahun 2023 ini, sebelumnya telah diadakan pada bulan Desember 2023 lalu dengan Tim QC dari Kementerian PUPR. ”Tiga kali penundaan kegiatan ini karena beberapa kendala auditor di kementerian lain yang berhalangan hadir. Karena itu kegiatan pada hari ini, untuk membayar tahun sebelumnya dengan membentuk 3 Tim QC dan tidak hanya dari Kementerian PUPR, kementerian lain juga perlu terlibat seperti BKN, Kementerian Kesehatan, BPKP dan 6 kementerian lainnya”, ujar Rizal.



Adapun tujuan dari pelaksanaan QC TSE ini adalah bagaimana memiliki pemahaman yang baik atas standar kerja pengawasan, fokus pada perbaikan ketidaksesuaian dan penyamaan persepsi antar tim. ”Karena masih terdapat potensi ketidaksamaan penilaian antara satu tim telaah sejawat dengan tim lainnya”, tambah Elbert Marangkup. Tim QC melakukan konfirmasi kepada Tim Penelaah terhadap hasil penilaian QC, kemudian Tim Penelaah diberikan kesempatan untuk menunjukkan dokumen pendukung TSE sebagai pembuktian. Jika terdapat ketidaksepakatan antara Tim Penelaah dengan Tim QC, maka dilakukan pembahasan lanjutan di tingkat Board of QC yang terdiri dari keseluruhan Pengendali Mutu, Pengendali Teknis, dan Ketua Tim. Kesepakatan hasil penilaian antara Tim QC dan Tim Penelaah selanjutnya dituangkan ke dalam Berita Acara Hasil Telaah Sejawat.



Kegiatan Quality Control diakhiri dengan penyerahan Berita Acara Hasil Telaah Sejawat dari Tim Quality Control kepada Tim Penelaah yang disaksikan oleh Ketua KTS DPN AAIPI. Diharapkan kegiatan Quality Control ini dapat terus berlanjut guna menjaga mutu pelaksanaan Telaah Sejawat Ekstern untuk praktik profesional Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. (DA)

-