Pembangunan Budaya Integritas Angkatan ke-8 dan ke-9

26 Juli 2023

Card image

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Inspektorat Jenderal bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) PUPR melaksanakan kembali Internalisasi Penguatan Peran Perempuan (Istri Pejabat) dalam Pembangunan Budaya Integritas angkatan ke-8 dan ke-9 yang diselenggarakan di Auditorium Kementerian PUPR pada 25-26 Juli 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu/Istri pejabat dari Kantor Pusat, Balai di provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Sebagaimana diketahui kegiatan ini diikuti sekitar 2.145 orang istri Pejabat Tinggi Pratama, Kepala Balai, Kasatker, dan PPK.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berkesempatan membuka acara secara langsung dan menyapa peserta kegiatan. Disampaikan oleh Menteri Basuki dalam sambutannya, kegiatan internalisasi ini sangat penting untuk kita semua, ibu-ibu yang hadir pada hari ini memiliki suami yang memegang kuasa atas uang negara dan memiliki kewenangan untuk mengeluarkan uang yang dibayarkan untuk membangun prasarana atau penyedia jasa.

“PUPR memiliki tugas membelanjakan uang negara untuk program melalui mekanisme PB/J. Menurut data KPK, 70% tindakan korupsi terjadi pada PB/J. Sehingga, saya harap para istri pejabat yang hadir pada hari ini dapat menyimak seluruh kegiatan dengan khidmat dan dapat membimbing serta mendampingi para suami,” kata Menteri Basuki.

Kementerian PUPR diamanahkan untuk melakukan pembangunan infrastruktur negara dipercayai dengan anggaran yang besar. Menteri Basuki tak bosan-bosan mengingatkan bahwasanya tugas PUPR hanya membelanjakan dan membangun infrastruktur. Karena besarnya anggaran berpotensi pada fraud dimana godaan dan peluang semakin besar.

Sebelum mengakhiri sambutannya, tak lupa Menteri PUPR menyampaikan apresiasi serta berterima kasih kepada KPK yang senantiasa membantu PUPR untuk mensosialisasikan upaya pencegahan tindak pidana korupsi. “Terima kasih kepada KPK yang tekun dan sabar mendampingi kami untuk melaksanakan program Pembangunan Budaya Integritas,” tutur Menteri Basuki.

Inspektur Jenderal T. Iskandar juga berpesan pada para ibu-ibu peserta kegiatan untuk turut aktif mendampingi dan mengawasi suaminya. “Berkomunikasilah lebih intens, jadilah pendengar yang baik, serta tanya asal-usul uang yang diberikan dengan cara yang tidak menyinggung dan yang terpenting bersyukur. Sebelum banyak kasus para ASN bergaya hidup mewah, Bapak Menteri sedari tahun 2019 sudah mewanti-wanti kita semua untuk tidak bergaya hidup mewah (luxurious lifestyle) dari kebijakan 4 Big No’s yang ia terapkan,” ujar Iskandar.

Turut hadir dalam acara, Plh. Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Rino Haruno, Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Rachman Arief, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Khalawi, Sekretaris Inspektorat Jenderal Bimo Adi Nursanthyasto, serta para Sekretaris Direktorat/Badan. (NF)


Berita Lainnya
1 bulan yang lalu
Tinjauan Pencapaian dan Langkah-langkah Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR pada Entry Meeting Pemantauan oleh BPKP Atas Efektivitas Pembinaan Kapabilitas APIP Triwulan I Tahun 2024
Selengkapnya...
Palm Springs Road
1 bulan yang lalu
Studi Banding Proses Bisnis Pengelolaan Pengaduan Untuk Peningkatan Efektivitas Pengawasan Kementerian PUPR
Selengkapnya...
Palm Springs Road
1 bulan yang lalu
Sinergi Strategis antara Kejaksaan Agung dan Kementerian PUPR dalam Pengamanan Pembangunan Infrastruktur
Selengkapnya...
Palm Springs Road
1 bulan yang lalu
Koordinasi Implementasi Aplikasi SIPASTI dalam Pembangunan Infrastruktur: Membangun Sinergi antara Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan
Selengkapnya...
Palm Springs Road
20 Februari 2024
Pembahasan Hasil Evaluasi BPKP: Upaya Perbaikan Kapabilitas Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR
Selengkapnya...
Palm Springs Road
02 Februari 2024
Pelantikan Pejabat Fungsional Inspektorat Jenderal Tahun 2024
Selengkapnya...
Palm Springs Road
05 Februari 2024
Quality Control (QC) Telaah Sejawat Ekstern Semester II Tahun 2023
Selengkapnya...
Palm Springs Road
02 Februari 2024
Inspektorat Utama BPOM Benchmarking Inspektorat Jenderal PUPR Terkait Pengawasan Intern Pada PBJ Pekerjaan Konstruksi
Selengkapnya...
Palm Springs Road