Sinergi Pengawasan Inspektorat PUPR PUPR – POLRI Untuk Memastikan Kesiapan Proyek Infrastruktur di Sulawesi Tenggara

18 Januari 2024

Card image

Inspektur Jenderal Kementerian PUPR T. Iskandar, Sekretaris Inspektorat Jenderal Bimo Adi Nursanthyasto, Inspektur IV Ignatius Wing Kusbimanto melakukan peninjauan infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada hari Kamis tanggal 18 Januari 2024. Kunjungan dilakukan bersama Asisten Operasi (ASOPS) Kapolri Verdianto I Bitticaca beserta rombongan. Kegiatan koordinasi dan kunjungan lapangan pada proyek insfrastruktur Kementerian PUPR merupakan bentuk tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Kementerian PUPR dengan POLRI Nomor 07/PKS/M/2020 dan No.Pol NK/59/XII/2020 Tanggal 2 Desember 2020 tentang Koordinasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi di Bidang Infrastruktur PUPR.

Sesampainya di Palu, seluruh rombongan menuju Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng sebagai tujuan pertamanya. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulteng Agus Nugroho beserta para Kepala Balai PUPR Sulteng menyambut kedatangan rombongan, dan selanjutnya berkoordinasi terkait kendala yang ditemukan di lapangan. Iskandar menjelaskan bahwasanya maksud dari kunjungan kali ini sebagai bentuk monitoring terkait pekerjaan infrastruktur di Sulteng sekaligus memastikan kesiapan infrastruktur agar dapat digunakan dan memberikan manfaat langsung pada masyarakat.

Selanjutnya, Kapolda Sulteng, Agus Nugroho, turut serta meninjau pembangunan infrastruktur bersama ASOPS, Verdianto. Iskandar beserta seluruh rombongan beranjak ke proyek infrastruktur Hunian Tetap (Huntap) Talise Kota Palu. Huntap menjadi salah satu obyek kunjungan karena merupakan salah satu proyek infrastruktur yang tengah dipercepat pembangunannya, terutama setelah gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu pada tahun 2018 dan 2023. Iskandar menjelaskan bahwa proyek pekerjaan Huntap Talise merupakan tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2022 tentang Penuntasan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi, Tsunami, dan Likuifaksi di Provinsi Sulawesi Tengah. Iskandar juga menambahkan bahwasanya Huntap ini merupakan bentuk sinergi antara Kementerian PUPR melalui balai-balainya dengan stakeholder lain termasuk Pemerintah Daerah dalam hal penyediaan lahan, perizinan, operasional pemeliharaan. Iskandar juga meminta bantuan kepada Asops Kapolri dan Kapolda untuk bersama-sama menyelesaikan proyek ini dari segi pengamanan.

Kapolda Sulteng, Agus Nugroho, juga memberikan arahan singkat kepada jajarannya bahwasanya peran aparat Kepolisian dalam mendukung pembangunan infrastruktur daerah sangatlah penting. Agus berkomitmen untuk siap membantu penyelesaian Huntap dan berencana akan menanam beberapa pohon yang kelak akan menambah kerindangan kawasan Huntap Talise.

Pemerintah Daerah sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat dalam pembangunan infrastruktur, harus berkomitmen penuh membantu pengerjaan proyek infrastruktur. “Mari sama-sama kita percepat penyelesaian pembangunan Huntap ini agar langsung dapat dihuni masyarakat sehingga manfaatnya segera berdampak bagi masyarakat, apabila ada permasalahan yang sekiranya Polda Sulteng dapat bantu dalam mempercepat pembangunan maka silahkan rekan-rekan PUPR langsung berkomunikasi”, tutur Agus.

Setelah mengunjungi Huntap Talise, rombongan selanjutnya melakukan monitoring pada pekerjaan Flood and Sediment Disaster Countermeasures in Relocation Areas di Tondo, Instalasi Pengolahan Air (IPA) Poboya, pekerjaan kesiapan Air Baku untuk Huntap Tondo, kunjungan lapangan ke Watusampu (quarry), dan terakhir rekonstruksi dan penanganan Tanggul Jalan Cumi-Cumi (Coast Area).

Keesokannya, Irjen T. Iskandar, Ses.Itjen Bimo, Inspektur IV Wing, dan Kabag HKIKP Aryo Hestuleksono, melakukan rapat evaluasi hasil kunjungan pengawasan di Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III. Evaluasi dilakukan secara serius dan santai, sebagai Pimpinan APIP Kementerian PUPR, Iskandar tak bosan menyemangati juga mengingatkan rekan-rekan daerah bahwasanya merekalah para pelaksana garda terdepan pembangunan daerah. Iskandar juga menghimbau agar para PPK untuk turun langsung memantau setiap jengkal proses pekerjaan pembangunan dan bukan hanya mengurus dari sisi administrasi. Iskandar juga mendorong agar semua lebih semangat lagi di tahun 2024, “Khusus tahun ini, tolong rekan-rekan lebih berhati-hati karena ini tahun politik, ingat Bapak/Ibu semua merupakan ASN dan ASN harus netral, siapapun Presiden-nya nanti kita tetap Insan PUPR dan kita tetap menjadi garda terdepan pembangunan infrastruktur negeri,” ujar Iskandar. (NF)


Berita Lainnya
1 bulan yang lalu
Tinjauan Pencapaian dan Langkah-langkah Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR pada Entry Meeting Pemantauan oleh BPKP Atas Efektivitas Pembinaan Kapabilitas APIP Triwulan I Tahun 2024
Selengkapnya...
Palm Springs Road
1 bulan yang lalu
Studi Banding Proses Bisnis Pengelolaan Pengaduan Untuk Peningkatan Efektivitas Pengawasan Kementerian PUPR
Selengkapnya...
Palm Springs Road
1 bulan yang lalu
Sinergi Strategis antara Kejaksaan Agung dan Kementerian PUPR dalam Pengamanan Pembangunan Infrastruktur
Selengkapnya...
Palm Springs Road
1 bulan yang lalu
Koordinasi Implementasi Aplikasi SIPASTI dalam Pembangunan Infrastruktur: Membangun Sinergi antara Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan
Selengkapnya...
Palm Springs Road
20 Februari 2024
Pembahasan Hasil Evaluasi BPKP: Upaya Perbaikan Kapabilitas Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR
Selengkapnya...
Palm Springs Road
02 Februari 2024
Pelantikan Pejabat Fungsional Inspektorat Jenderal Tahun 2024
Selengkapnya...
Palm Springs Road
05 Februari 2024
Quality Control (QC) Telaah Sejawat Ekstern Semester II Tahun 2023
Selengkapnya...
Palm Springs Road
02 Februari 2024
Inspektorat Utama BPOM Benchmarking Inspektorat Jenderal PUPR Terkait Pengawasan Intern Pada PBJ Pekerjaan Konstruksi
Selengkapnya...
Palm Springs Road